Laporan Kartografi Mengubah Skala


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
            Seorang pengguna peta terkadang akan merasa bahwa peta yang digunakan ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar, merasa peta tersebut kurang ringkas jika dibawa sehingga memperbesar atau memperkecil peta yang dimiliki agar menjadi mudah bawa.
            Dalam banyak referensi pemetaan, skala (scale) sering didefinisikan sebagai  perbandingan antara peta (model) dengan dunia nyata yang direpresentasikannya. Skala bisanya berupa perbandingan 1D (jarak) peta dan lapangan. Saya pikir semua orang mafhum arti dari skala. Tetapi, saat diminta menggunakan istilah skala besar dan skala kecil akan banyak yang kebingungan skala yang mana yang lebih besar dan yang mana yang lebih kecil.
            Dalam ilmu geomatika, luas dapat diperoleh dengan tiga cara. Yang pertama adalah cara numeris, yaitu menghitung luas dengan menggunakan koordinat titik batas yang saling menutup. Yang kedua adalah cara grafis, yaitu dengan menggunakan pendekatan-pendekatan bidang segitiga. Yang terakhir adalah dengan cara mekanis, yaitu menghitung luas wilayah dengan menggunakan alat planimeter. Pada laporan ini akan membahas tentang cara menghitung luas wilayah dengan cara mekanis.



B. Waktu dan Tempat Praktikum
Hari                 :  24 Mei dan 31 Mei
Pukul               : 10.30 – 12.30 WIB
Tempat            : Laboratorium Geografi di Gedung FKIP Baru Lt.2
                          Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh

C. Manfaat dan Tujuan Praktikum
Manfaat dan tujuan praktikum antara lain :
            Mengetahui dan melatih keterampilan mahasiswa agar dapat memahami pengertian skala peta,mencari peta dan transformasi skala peta dan mengubah skala peta.







BAB II
TEORI
A. Landasan Teori
            Peta merupakan alat bantu dalam menyampaikan suatu informasi keruangan. Berdasarkan fungsi tersebut maka sebuah peta hendaknya dilengkapi dengan berbagai macam komponen/unsur kelengkapan yan bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam membaca/menggunakan peta. Beberapa komponen kelengkapan peta yang secara umum banyak ditemukan pada peta khususnya skala. Berdasarkan tipenya skala peta dibedakan menjadi 3, yaitu:
1.   Skala angka/numerik/pecahan
    Skala angka adalah skala yang menunjukkan perbandingan antara jarak di peta dan jarak sebenarnya dengan angka.
     Contoh: Skala angka 1 : 50.000, artinya jarak satu satuan yang tergambar pada peta sama dengan 50.000 satuan di permukaan bumi.
      Berarti 1 cm di peta mewakili 50.000 cm jarak di lapangan.
     Jika ada 2 buah kata, yaitu kata A dan B pada sebuah peta yang berskala 1 : 50.000 adalah 20 cm maka jarak sesungguhnya antara kota A dan B adalah :
     = 20 cm x 50.000
     = 1.000.000 cm = 10 km 



2.    Skala garis/grafis
     Skala Grafik ditunjukkan oleh garis lurus yang dibagi dalam beberapa ruas, dan setiap ruas menunjukkan satuan panjang yang sama.
Contoh: Skala dibawah ini menunjukkan, bahwa satu bagian garis mewakili 5 km, jadi 1 cm pada peta sama dengan 5 km di lapangan.


 3.    Skala inchi/verbal (Indonesia tidak menggunakan skala inchi)
      Skala Verbal adalah skala yang dinyatakan dengan  kalimat atau secara verbal. Skala ini sering terdapat pada peta-peta yang tidak menggunakan satuan pengukuran matrik, seperti peta-peta di Inggris.
Contoh: 1 inchi to 1 mile, artinya 1 inchi pada peta menyatakan jarak 1 mil dilapangan.
Apabila 1 mil = 63.360 inchi, maka skala tersebut bila dinyatakan dalam skala angka menjadi 1 : 63.360




B. Alat dan Bahan
1.      Guide Map
2.      Rapidograph (ukuran 03,05,07,08,30,dan 50 )
3.      Drawing pen snowman (ukuran 03,05 dan 07)
4.      Pensil warna
5.      Isolasi
6.      Pisau lipat
7.      Kertas kalkir
8.      Penggaris 60 cm
9.      OHP
10.  Gunting
11.  Penghapus
12.  Sablon
13.  Pengaris abjad peta
14.  Kertas HFS,A3,dan Plastik transparant




C. Cara Kerja
1.                  Siapkan alat-alat yang akan digunakan (alat gambar dan tulis)termasuk peta            atau gambar yang disalin.
2.                  Letakkan terlebih dahulu guide map atau gambar yang akan disalin diatas   landasan (bidang datar atau meja) dengan mempergunakan selotip atau perekat,kemudian diatasnya diletakkan kertas kalkir yang akan dipergunakan             untuk menyalin peta atau gambar tersebut.
3.                  Periksalah dengan teliti bantu kenampakkan yang ada pada peta atau gambar         tersebut. Apabila ada cermati,kenampakan tersebut dapat dibedakan menjadi        tiga macam yaitu kenampakan titik,kenampakan garis dan kenampakan area atau bidang.
4.                  Mulailah menyalin peta dengan teliti,terutama pengambaran kenampakan    titik,garis dan area dengan memperhatikan rapido atau drawing pen berukuran   apa saja yang dipergunakan,dibedakan menurut peta pandu yang disalin.
5.            Setelah selesai, cantumkan nama hasil praktikum,sumber yang disalin,nama                        dan nomor mahasiswa.
6.                  Berilah ulasan singkat hasil praktikum pada laporan kerja anda yang meliputi          proses pengerjaan,proses pengambaran yang dilakukan dan kenampakan peta yang ada (simbol titik,garis dan area)




BAB III
PEMBAHASAN

A. Analisa Hasil Praktikum
Semakin besar skala yang dibuat pada peta maka daerah yang digambarkan semakin sempit dan informasi yang disajikan semakin luas dan sebaliknya jika skala peta semakin kecil, maka daerah yang digambarkan semakin luas dan informasi yang disajikan sedikit.
      Langkah pertama yang dilakukan oleh kartografer dalam menyalin peta adalah mengenal Alat dan bahan yang akan digunakan sesuai dengan cara kerja penyalinan peta.Adapun Syarat-syarat pengunaan Rapidograph dan Drawing pen.
\
Kertas Kalkir
Kertas HFS
Plastik Transparant
Garis luar  : Rapidho 0.8
Batas wilayah : Rapidho 0.8
Garis lintang / bujur : Rapidho 0.3
Jalan : Rapidho 0.3
Sungai : Rapidho 0.5
Nama geografi : Drawing pen 0.3
Garis luar  : Drawing pen 0.8/07
Batas wilayah : Drawing pen 0.8
Garis lintang / bujur :
Drawing pen 0.3
Jalan : Drawing pen 0.5
Sungai : Drawing pen 0.3
Nama geografi : Drawing pen 0.3
Garis luar  : Merah
Batas wilayah : Merah
Garis lintang / bujur : Biru
Jalan : Merah
Sungai : Biru
Kereta Api : Hitam
Nama geografi : Hitam
Memperbesar Peta
            Dari hasil praktikum diperoleh perbesaran peta yakni membuat peta menjadi ukuran lebih besar dari ukuran sebelumnya yang telah ada. Manfaat dari memperbesar peta yaitu untuk menampakkan suatu daerah secara terperinci dan objek yang ada menjadi lebih jelas. Dalam pembesaran peta pada saat praktikum, menggunakan metode grid atau biasa disebut dengan kotak-kotak. Untuk perbesaran peta pada saat praktikum, menggunakan perbandingan,dari skala asli atau skala yang sebenarnya apabila ingin diperbesar 3 kali atau 4 kali maka perbandingan skala peta dibagi 3 atau 4, sehingganya ukuran dari grid atau kotak-kotak akan lebih besar dari ukuran semulanya.
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan, pembesaran peta yang dilakukan yakni untuk membuat objek atau kenampakan suatu daerah menjadi lebih jelas tanpa mengubah kedudukan yang sesuai dengan kedudukan atau posisi asli sebenarnya dari objek tersebut.
Seperti yang telah kita ketahui dalam pelaksanaan praktikum, pembesaran peta tidak untuk mengubah posisi atau kedudukan yang ada pada peta sebenarnya, akan tetapi hanya memperjelas objek pada peta tersebut. Begitu juga dengan warna, warna yang digunakan sesuai dengan warna yang telah disepakati. Namun, dalam pembesaran peta akan terjadi distorsi yang sangat besar dimana distorsi merupakan suatu kesalahan dalam pembacaan peta tersebut. Oleh karena itu, distorsi ini sedemikian mungkin diperkecil.




Memperkecil Peta
            Dari hasil praktikum yang dilakukan  Memperkecil peta yakni membuat peta lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Manfaat dari memperkecil peta ini yakni untuk menggambarkan objek secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam memperkecil peta pada praktikum ini sama halnya dengan metode yang digunakan dalam pembesaran peta, yaitu dengan menggunakan metode grid atau sistem kotak-kotak. Hanya saja dalam memperkecil peta, ukuran grid lebih kecil daripada ukuran pada peta-peta yang telah digambar sebelumnya yakni ukurannya menjadi lebih kecil. Perkecilan ini menggunakan perbandingan 2 kali perkecilan dari perbandingan peta, jumlah kotak yang dibuat menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya.
            Perkecilan peta ini membuat ukuran pada peta lebih kecil sementara daerah atau tempat yang ada tetap, tetapi hanya ukurannya yang lebih kecil dapat menampakkan area yang lebih luas. Perkecilan peta harusl sesuai dengan kenampakan asli dari peta yang telah kita amati.
Kemudahan
      Penyalinan di kertas kalkir,kertas HVS dan plastik transparant dapat mempermudah dalam penyalinan peta dan dibantu oleh Guide Map dan asisten dosen dan pengecilan skala peta mencangkup semua area pada guide map.
Kesulitan
            Perbesaran skala tidak mudah dilakukan dikarenakan mengunakan kertas A3 ketika penyalinan dilaksanalan.



BAB IV
KESIMPULAN dan SARAN
A.       Kesimpulan
       Berdasarkan hasil praktikum yang telah dilakukkan, dapat disimpulkan bahwa:
1.         Memperbesar dan memperkecil peta merupakan suatu proses dalam                         mengubah ukuran suatu peta baik dari ukuran besar diubah menjadi kecil atau           sebaliknya, dari kondisi aslinya dengan perbandingan tertentu.
2.         Dalam memperbesar atau memperkecil peta dapat dilakukan dengan berbagai         cara, diantaranya cara yang sederhana dalam proses tersebut yakni dengan             menggunakan metode grid atau kotak-kotak.

B.      Saran
        Dalam melakukan praktikum diharapkan kepada praktikan agar mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan agar nantinya kita tidak kebingungan dalam melakukan praktikum. Selain itu pula, kita akan memperoleh data yang lebih aktual seperti apa yang kita harapkan bersama.





Daftar Pustaka
Abdi, A. Wahab.2010. Pengantar Kartografi. Banda Aceh. FKIP Unsyiah
Irwanto.2010.Panduan Pratikum Kartografi.Banda Aceh.FKIP UNSYIAH
http://id.wikipedia.org/wiki/Peta (diakses 14 juni 2012)



Categories: Share

Leave a Reply

My Blog List

R_Tasliya. Powered by Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Search This Blog